Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Golak Kebumen

Sponsored Link

Golak adalah salah satu makanan tradisional khas Kebumen yang terbuat dari olahan singkong alias budin *sebutan orang Kebumen. Golak ini banyak diproduksi di daerah utara Kebumen seperti Alian, Peniron, Karangsambung, Karanggayam dsb. 


Golak dikreasikan dalam bentuk angka 8. Mungkin anda lebih mengenal Lanting yang juga banyak sekali dijumpai di Kebumen. Yap seperti itulah bentuknya, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dan konturnya yang empuk sangat enak untuk dinikmati disaat sore atau malam hari. Dan yang lebih eksentrik adalah, dalam paket penjualannya, Golak tersebut diikat dengan tali bambu. wow!



Di Kebumen bisa dijumpai para penjaja Golak di sebelah utara pasar Tumenggungan kebumen pada siang hari, atau disebelah selatan pasar dekat Tugu Lawet pada malam hari.



Untuk daerah Karanganayar akan mudah kita temukan disekitar pasar ataupun selatan alun-alun Karanganyar. Selain daerah-daerah tersebut, Golak-pun akan mudah kita temui saat ada hiburan rakyat seperti pertunjukan wayang kulit dimalam hari.


Saya sendiri secara pribadi, tidak pernah ketinggalan untuk menyantap Golak ketika sedang pulkam ke Kebumen. Lebih suka membelinya dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya malam kota Kebumen Beriman.


Biasanya selain membeli Golak, saya juga membeli Soto Tamanwinangun yang biasa mangkal dekat Tugu Lawet Kebumen. Lebih dikenal dengan Soto Tamanwinangun Gombong, karena memang mangkalnya tepat didepan toko Gombong. Ingat yang ini hanya jualan pada petang hingga malam hari.



Itulah, sebagian kuliner Kebumen yang asli lurr.. nylekamin, mblaketaken mbanget.. Pokokmen angger penasaran atawa ora percaya, jajal baen langsung maring TeKaPe.


Terima Kasih telah membaca Golak Kebumen di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0
  1. wuihhhh,, makanan khas kebumenkah?? pasti sangat cita rasa sekali.. :)

    BalasHapus