Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Reli Selandia Baru 2012 : Subhan Aksa Jadi Pereli Unggulan

Sponsored Link


JAKARTA [DP] — Sukses menjadi runner-up Rally Acropolis, Yunani, mencuatkan nama Subhan Aksa ke papan atas kejuaraan dunia reli FIA Production World Rally Championship (P-WRC) 2012. Sebelumnya di Rally Argentina, ia pun finis 7 Besar. Media yang intensif meliput reli dunia lantas menempatkannya sebagai peserta yang patut diperhitungkan dalam serial WRC berikutnya di Selandia Baru, 22-24 Juni mendatang.
Situs wrc.com dalam headline-nya menegaskan Subhan bakal memetik keuntungan tersendiri sebagai ‘tuan rumah’ di Negeri Kiwi itu. Mereka menyebut event ini sebagai home rally Subhan karena pereli Indonesia ini dinavigatori oleh Jeff Judd. Pebalap yang juga aktif sebagai navigator ini adalah salah satu atlet otomotif Selandia Baru yang harum di kancah internasional. Ia beberapa kali menjuarai balap mobil nasional di negerinya dan menavigatori sejumlah pereli internasional. Ia juga yang mendampingi Subhan saat meraih podium Rally Acropolis yang merupakan prestasi tertinggi pereli Indonesia sejauh ini.
Di atas kertas, peluang Subhan masuk 3 besar di Selandia Baru, bahkan jadi juara pun dinilai sangat terbuka. Skill dan keandalan Mitsubishi Lancer Evolution X yang dipacunya sudah terbukti pada reli seganas Argentina dan Yunani. Di Selandia Baru, mayoritas trek yang akan dihadapi adalah gravel mulus di wilayah pedesaan dan sebagian aspal. Jeff sangat mengenal lika-liku seluruh lintasan ini dan tentunya akan memudahkan Subhan untuk menjelajahinya dengan mulus. Terlebih ini kali ketiga Subhan tampil di event WRC Selandia Baru setelah 2007 dan 2008.
Selain itu, kans punggawa Bosowa Rally Team ini membesar karena tiga pentolan PWRC tak memilih Selandia Baru dalam kalendernya. Seperti diketahui, FIA mewajibkan seluruh kontestan PWRC mengikuti minimal 6 dari 8 seri yang diputar musim ini. Mereka yang absen kali ini adalah Benito Guerra (Meksiko) yang memimpin klasemen sementara PWRC berkat kemenangan di Meksiko dan Argentina, juara seri Monte Carlo Michal Kosciuszko (Polandia), dan Nicholas Fuchs (Peru) yang tampil runner-up di Meksiko dan Argentina.
Calon lawan berat Subhan praktis tinggal juara Yunani Valeriy Gorban (Ukraina/Mitsubishi Evo IX), Gianluca Linari (Italia/Subaru WRX), Marcos Ligato (Argentina/Subaru WRX), Oleksii Kikireshko (Ukraina/Mitsubshi Evo IX), Lorenzo Bertelli (Italia/Subaru WRX),  dan Ricardo Trivino (Meksiko/Mitsubishi Evo IX).
Selain mereka juga akan tampil dua pereli wanita, Louis Cook (Inggris) yang akan menyewa Ford Fiesta dengan alasan kendala transportasi dan si cantik Romano Karlsoon (Swedia/Mitsubishi Evo X). Dan, di antara mereka semua yang diprediksi jadi rival terberat Subhan adalah Gorban dan Ligato yang sudah berpengalaman di PWRC.
Subhan sendiri menyadari potensinya di seri ke-7 WRC dan seri ke-5 PWRC ini. Meski demikian ia tak mau berjanji atau pasang target untuk mengulang sukses Yunani, apalagi ngotot mengejar gelar juara. Menurut anak muda berusia 25 ini, para pereli lokal dan Australia yang akan datang dengan tiket wild card pun layak diperhitungkan. Itu pelajaran yang ia petik di Argentina. Pereli nasional negara  itu, Ezequiel Campos, yang dapat jatah wild card  mampu menyodok Subhan di saat-saat akhir dan membuatnya tergusur dari urutan 6 ke 7 di garis finis.
“Mungkin strateginya sama saja dengan terdahulu. Bertarung moderat di beberapa SS awal dan setelah itu mencermati situasi dan kemungkinan-kemungkinannya. Kalau ikuti kehendak, saya tentu ingin jadi juara setelah runner-up di Yunani.  Yang pasti, kami berusaha mencapai hasil terbaik,” katanya.
Hal sama diapungkan Hade Mboi, navigator utama Subhan yang kini bertindak sebagai manajer tim. Dari Bosowa Rally Team tak ada target khusus yang dibebankan pada Subhan. Yang penting finis dan ia bisa menimba pengalaman lebih bervariasi sehingga membuatnya lebih matang di balik kemudi.
“Itu yang terpenting  dalam program Subhan menuju ajang WRC nanti. Pemilihan Jeff sebagai navigator pun berkaitan dengan hal itu. Senioritas dan pengalamannya bisa jadi pembelajaran buat kami. Untuk saat ini, Subhan konsisten mendulang poin saja sudah merupakan hasil yang sangat bagus,” tegas Hade.
Selain kontestan tetap PWRC, Subhan memang harus mencermati para pereli wild card dari Australia dan Selandia Baru sendiri. Pasalnya, event WRC di Negeri Kiwi ini selalu menjadi ajang istimewa bagi komunitas reli dua negeri bertetangga itu. Kabar terakhir, Ford Selandia Baru akan menurunkan tim tersendiri untuk kelas PWRC dengan pereli lokal berpotensi seperti Phil Campbell, Ben Hunt, dan Dermot Malley. Mereka akan menggeber Ford Fiesta ST.
Hiruk pikuk Brother Rally New Zealand ini sudah dimulai sejak sepekan sebelumnya dengan berbagai acara pelengkap yang digelar panitia. Pada 17 Juni digelar Rally Familly Day di Auckland yang biasanya disesaki masyarakat dan saat lomba nanti panitia juga menyediakan layar lebar di beberapa sudut kota sehingga  masyarakat bisa menikmati aksi para pereli dunia itu. Peserta sendiri akan memulai survey lokasi sejak 18 Juni dan pada 21 Juni akan digelar parade keliling  kota Auckland yang menyertakan seluruh mobil peserta.
Tak ada perubahan rute dari musim sebelumnya. Start dan finis di Auckland, hari pertama reli akan menempuh 8 Special Stage (SS) dengan total jarak 209,6 km. menyusuri pedesaan antara Auckland dan Ragian. Hari kedua dan terakhir menjelajahi  14 SS sisanya.
Disela-sela kesibukan Rally New Zealand, Subhan Aksa mendapatkan kesempatan menjadi salah satu pembalap yang akan mengikuti sesi resmi konperensi pers yang diselenggarakan oleh FIA pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2012.


Terima Kasih telah membaca Reli Selandia Baru 2012 : Subhan Aksa Jadi Pereli Unggulan di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0