Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Perjalanan Seorang Mahasiswa

Sponsored Link


-->

Berbicara mengenai mahasiswa memang gak ada matinya deh, pasti banyak cerita yang mungkin tiap mahasiswa beda-beda. Namun dari semua teman yang telah saya wawancarai serta saya perhatikan tedapat banyak banget ciri khas, yakni sebagai berikut :
1.       Kuliah saja
Tipe mahasiswa seperti ini yang berpacu pada kuliah, dan hanya menginginkan nilai IPK nya bagus, atau bisa dibilang kumlot. Dan juga tipe yang seperti ini menurut penulusuran saya hanya memakai otak kiri saja.

2.       Kuliah sambil berorganisasi
Tipe mahasiswa ini memang kayaknya sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena setiap mahasiswa siapa sih yang gak kepengen berorganisasi. Dan saya sendiri sudah menanyakan teman-teman saya, sebenarnya berorganisasi itu buat apa sih, apakah agar jadi eksis /terkenal di kampus?
Mahasiswa yang seperti ini saya dapat katakan mampu mengolah otak secara baik dan benar, baik itu otak kanan maupun otak kiri.

3.       Kuliah sambil kerja
Tipe mahasiswa ini kayaknya agak sulit ditemukan nih sob, selama saya kuliah, belum pernah nemuin mahasiswa yang bekecimpung di dunia kerja. Tetapi saya punya saudara yang memiliki sikap kuliah sambil kerja. Bahkan biaya kuliah, dan segala kebutuhannya dia mampu membiayainya sendiri. Saya salut dengan sohib yang satu ini, di samping kuliahnya nilainya kumlot, tetapi ada waktu juga buat kerja. Kalo yang ini tipe mahasiswa yang menurut saya adalah mahasiswa yang super dalam berbagai hal.
Dari ketiga tipe mahasiswa yang ada di atas adalah tipe anak bangsa, dan generasi penerus bangsa. Semoga saja indonesia ke depan bisa makin maju, pengangguran berkurang, dan indonesia bisa jadi contoh negara yang solid. Amin.
Namun dari ketiga tipe mahasiswa di atas terdapat kekurangannya, Renungkanlah !
NB: Bagi yang sekarang lagi jadi mahasiswa, mohon di renungkan kembali, ke depan diri anda mau ditempatkan pada tipe di mana. Jujur saya sendiri belumlah jadi apa-apa, yang terdapat banyak kesalahan dan kekeliruan. Untuk itu yuk mari kita sama-sama saling intropeksi diri. Selamat Datang generasi penerus bangsa !
  1. mahasiswa tipe 3 banyak juga lho mas said....
    malah temen saya kuliah udah dapat uang saku masih sambil ngajar di bimbel...

    BalasHapus
  2. @zone wah, berarti saya kalah satu langkah dong sob..hehe

    BalasHapus
  3. semua tipe-nya SUPER, kalo pribadinya mampu memanajemen waktu dengan baik!

    BalasHapus
  4. tapi banyak juga mahasiswa yg malas kuliah :D

    kerjanya titip absen saja :D

    BalasHapus
  5. saya dulu type yg ke 3,, tapi emng perlu waktu yg extra,,tapi alhamdulilah kalo dgn sungguh2 bisa kelar dgn baik..

    BalasHapus
  6. Terlepas dari ketiga hal diatas, masa sekolah ataupun kuliah adalah masa yang paling indah yang tidak akan bisa dinikmati lagi setelahnya. Tinggal kita merenungkan, hal apa yang paling indah dan tidak akan bisa menikmatinya setelah lulus kuliah...nice psot and happy blogging!

    BalasHapus
  7. yang tipe 3 itu banyak dilakukan mahasiswa kita yang ada di australia.

    BalasHapus
  8. kalo say mahasiswa yang ga kuliah..:))))

    BalasHapus
  9. mnurutq yg no.3 mas yg akan jd penerus bangsa yg baik....rus bangsa yg baik....

    BalasHapus
  10. Dua sesupu daku juga kuliah sambil bekerja sekarang ini,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  11. honestly, i'm not interested with any organization. but i do active in sports club (taekwondo) and part-time job...... hopefully i'm still doing well for my beloved country!

    anyway, thx for dropping a comment on my blog.
    i would appreciate it if you check my latest post. it's a letter for prajurit angkasa. hehehehe! :)

    BalasHapus
  12. Kalo aku tipe 2 pernah, tp berhenti krn gak bisa bagi waktu.
    Tipe 3 juga pernah, abisnya hanya masuk 3 hari aja seminggu. banyak nganggurnya sih....

    BalasHapus
  13. Saya lebih setuju dengan kuliah saja.
    Tapi kuliah saja bukan hanya sekedar untuk IPK, tapi juga untuk ilmu yang dapat kita kembangkan dan gunakan di masyarakat nanti..

    BalasHapus
  14. Bagi saya, baik mahasiswa tipe 1,2 ataupun ke 3, memiliki kekurangan dan kelebihannya masing2. Tak baik memandang sebelah mata antara ketiganya... Dan sebenarnya akan sangat hebat jika ketiganya saling melengkapi dan saling mendukung. Bangsa ini dibangun dengan kebersamaan dan semangat gotong royong... saat kekuatan itu bergabung... maka Indonesia pasti akan menggemparkan dunia! Hidup MAHASISWA!!!!!

    BalasHapus
  15. Dulu yang saya lakukan di kategori kedua dan ketiga, tapi tetap lebih fokus ke kuliah. Inti dari semua itu ternyata kita memang harus mampu mengelola waktu dengan baik sehingga tidak terbengkalai salah satu atau semuanya justru hancur.

    BalasHapus
  16. mahasiswa abadi, bermalas-malasan, ga' lulus tapi berhubung ortu kaya jadi nasibnya baik. amin. inget temen2 waktu kul.

    BalasHapus
  17. kalo masuknya yang ke 2 tuh, tapi tambahan juga satu lagi nih, 'mahasiswa sambil ngeblog' he he

    BalasHapus
  18. wah saya masih SMP kelas 3 nih. Saya ingin kuliah ntar yang pasti ingin dapet banyak kerja, nda ingin males-malesan. :D

    BalasHapus
  19. ya bagi mahasiswa mang hrs ada pilihan dalam kuliahnya, jd hrs pintar2 dalam mengelola kehidupan perkuliahannya jika mang ke depannya adalah untuk bekal kemandirian

    salam kenal gan.........

    BalasHapus
  20. saya kepengen masuk organisasi di kampus sebetulnya.. cuman beberapa kali ditolak mulu...:(

    BalasHapus
  21. Kayaknya saya masih yang tipe pertama >.<
    Pengen sambil kerja, tapi jadwal kuliah setiap harinya gak tentu >.<

    BalasHapus
  22. Wah aku dulu kuliah gak ada dari ketiga tipe tersebut.

    BalasHapus
  23. Dear.

    Gw punya teman yang masuk kategori 3. Dia kuliah sekaligus mengambil pekerjaan motong rumput. dia gak pernah malu untuk melakukan hal tersebut di sela kesibukan kuliah.... langganan dia untuk motong rumput juga makin hari makin banyak dan dia berhasil menyelesaikan study di Faperta dengan biaya dan peluh sendiri....



    regards.
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  24. nomer 3 tuch yg mantap sob, tp dia harus pinter2 milah waktu.........

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    BalasHapus
  25. Dari ke-3 katagori itu semuanya bagus, apalagi yang nomor 3 sangat baik [kalau ada kesempatan jangan disia-siakan]
    jaman sekarang susah cari pekerjaan,
    kalau cari PHK gampang hahaha :D

    BalasHapus
  26. kebanyaan yg kulihat kuliah sambil kerja... :)

    BalasHapus
  27. Jadi inget waktu kuliah dulu sob...

    BalasHapus
  28. Masa-masa menjadi seorang mahasiswa..

    BalasHapus
  29. @Keluarga Zulfadhli wah sob, ini yang perlu saya tiru nih.. makasih ya masukannya ya..

    BalasHapus
  30. Kunjungan silaturahmi malam di sahabat Saidoto...
    Masa menjadi mahasiswa adalah masa untuk dapat mengepresikan segala bakat dan minat dalam bidang kemahasiswaan sebagai bentuk latihan nantinya setelah lulus kuliah dan bekerja.

    BalasHapus
  31. moga gag angeberatin kang iia kerjaannya.. berbarengan sama kuliahnya ;) sukses buat akangnya ;)

    BalasHapus
  32. Hadir dan absen malam gan...
    mahasiswa sekarang adalah generasi penerus estafet bangsa kelak 10-20 tahun kedepan...untuk itulah mahasiswa jadikanlah dirimu mahasiswa yang berkrasi untuk bangsa ini

    BalasHapus
  33. Kalo saya tipe pelajar sambil berbisnis..
    tentunya bisnis online. hehehe.

    BalasHapus
  34. kalau point ke 3 dibalik, yaitu orang yang kerja sambil kuliah, rata-rata sekarang untung jenjang karier menuntut seperti itu.

    BalasHapus
  35. Ya teman, sya trmsuk tipe ke-3
    pngalman sya sjak smster 3-5 prnah bkrja mnjdi ksir d cafe tmpat tngkrongan mhsiswa jga d Yogyakrta, prnah sbagai ksir d mini market lngkungan kmpus sya, prnah jdi pnjaga assesoris d slah stu swalayn bsar d lngkungan kmpus jga..
    n
    saat ni sya smster akhir sdang mnjalnkan bsnis kcil2an smbil bljar brjualn scra online..
    hehehe
    tu sbgian crta saat jdi mhsiswa smbil krja.
    puji tuhan smua sudh rncna tuhan!

    BalasHapus
  36. @Keluarga Zulfadhli

    Sayang nggak ada tombol Like-nya. Apa yang mas ceritakan sudah jarang ada sekarang ini. Jadi saya cuma ingin mengatakan, SALUT untuk teman mas.

    BalasHapus
  37. Point3 masih banyak sob,mahasiswa yang nyambi kerja,ini bagus untuk melatih kita mandiri.Bila sobat ada keinginan,dibawa happy ajah.Nice post.

    BalasHapus
  38. Wah kalo dulu malah saya seringnya bolos kuliah, sukanya maen sama kerja jadi ga kelar-kelar deh kuliahnya. masa kuliah saya dulu 6 tahun baru selesai. Itupun ngebut buat skripsinya

    BalasHapus
  39. kurang satu tuh tipenya
    saya mahasiswa yang berorganisasi dan kerja juga lhooo :D

    BalasHapus
  40. ketiga tipe itu tergantung pilihan. Kondisi individu menentukan. Klo banyak duit ortunya, y tinggal kuliah saja, klo tidak mencukupi y kuliah sambil kerja. Tapi jika ingin lebih, no.2 lebih menggiurkan namun menurut saya tipe seperti ini yg mematangkan pribadinya kelak. So, sepertinya kita harus seimbang dan tak boleh condong ke salah satu tipe. CMIWW

    BalasHapus
  41. Very Nice ..
    Saya sdh follow , saya tunggu follow baliknya ya ...

    BalasHapus
  42. emang yg tipe bernegoisasi tuh negosiasiin apa sih?

    BalasHapus
  43. kalau ada orng ckp jadi student susah, lebih susah menjadi seorng yang sudah bekerja... :)

    BalasHapus
  44. Hmm,, Kalo Menurut Ayas siy mo yg jd Mahasiswa Mandiri yg Kuliah sambil Kerja Sob!!!
    Yg penting bs memanfaatkan Waktunya sebaik mungkin untuk masa depan yg lebih baik...
    Hwehehe.. itupun Tergantung Mahasiswanya siy!!!
    ^_^
    Jujur Ayas belum merasakan jd Mahasiswa neh!!
    Itu cm sekedar Bayangan Sob..

    BalasHapus
  45. kunjungan pagi sob,,,
    d tunggu postingan barunya ! ! !

    o iy, ada yg baru sob d blog q

    BalasHapus
  46. kuliah sambil bekerja sob bagus banget tu .dengan biaya sendiri dan thn malu harus nya dan tahan gengsi jg ..

    BalasHapus
  47. @A-NX oke sob, terima kasih atas kunjungannya ya..

    BalasHapus
  48. aku tipe no 1 dulu tapi fine2 aja tuh :)

    BalasHapus
  49. tulisan Sobat slalu memberikan pencerahan. Thanx ya

    BalasHapus
  50. harus ada yang di prioritasin mas.. kira kira yang mana?!?!?

    BalasHapus
  51. Tergantung tujuannya si mas, kalo sy, buat nambah soft skill nanti di dunia kerja, jadi banyak-banyak ikut organisasi.. asal bisa manage aja waktunya

    BalasHapus
  52. ketiga-tiganya boleh juga, tapi yg lebih penting pake toga tepat waktu

    BalasHapus
  53. mau gimana pun tipenya, yg penting setelah kuliah mesti kerja dan sukses. semangatttttt

    BalasHapus
  54. terserah kalian pilih tapi kita harus semangat dalam hidup ini

    BalasHapus
  55. ketiganya saya rasa bagus, asal jangan kuliah sambil tawuran, yg kaya gini kan ada juga tuh, atau kuliah sambil demo.

    BalasHapus
  56. ada juga masih tipe 4
    mahasiswa sambil tidur
    dibangku tidur
    di teras tidur
    di kantin tidur

    BalasHapus
  57. demo boleh aja asal jgn anarki dan merugikan pengguna lainy @ d3no

    BalasHapus
  58. jadi mahasiswa :) amin #ngarep buat tahun depan

    BalasHapus
  59. @orbinut ada enaknya dan ada nggak enaknya sob:16
    tapi jalani aja deh, tetep semangat :29

    BalasHapus