Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Honda CT70 1974: Restorasi Sempurna Monkey Klasik

Sponsored Link
JAKARTA (dp) — Honda CT70 yang mangkal di bengkel Bimo Kustom Bikes, Jakarta membuat kami terpincut. Bukan karena kami tak pernah melihat motor klasik itu sebelumnya. Honda CT70 yang berdiri manis di antara motor-motor custom karya Bimo Hendrawan ini sangat unik karena telah direstorasi begitu sempurna.


Menurut Bimo, Honda CT70 atau Honda Monkey yang kami temui merupakan milik Agoose. Dia mengaku motor ini merupakan unit motor pertama yang diberikan orang tuanya 36 tahun lalu.

Sayangnya, karena kurang perhatian motor itu dibiarkan lama teronggok di gudang. Hingga pada suatu ketika Agoose berfikir untuk mengembalikan kesegarannya. Akhirnya, dia menghubungi Bimo.

Bimo bercerita, banyak komponen dan bagian mesin yang hilang atau kusam serta rusak. “Aslinya, sih, masih utuh, tapi kurang cantik,” ujar master modifikasi Harley-Davidson ini. Untuk mengubah Honda CT70 lansiran 1974 tampil seperti motor baru dibeli, Bimo melakukan restorasi dengan teliti serta mengganti beberapa item komponen dengan barang baru.


Ketika merestorasi Bimo mengaku tidak ditemui kesulitan berarti. Jam terbang Bimo tentu sudah lebih dari sekadar menangani motor kontet ini. “Yang masalah justru mencari komponen aslinya,” katanya.
Tapi di era internet seperti sekarang ini, kesulitan mencari komponen orisinal Honda CT70 juga diakui menjadi lebih ringan. “Lebih gampang karena kita bisa membandingkan gambar-gambar asli motor pada internet,” terangnya.


Untuk mencari komponen pengganti Bimo bahkan melakukan penelusuran barang hingga ke luar negeri. Inggris, China, Thailand hingga Belanda telah menjadi saran untuk penemuan komponen. Hasilnya, Belanda menjadi dermaga terakhir. Honda CT70 berkelir merah ini pun berubah layaknya saat dia masih segar bugar di era 1974. Saringan udara, kunci, karet-karet foot step dan suspensi depan, spakbor, lampu-lampu menjadi lebih mengilap.


Bahkan karburator, perkabelan, sticker, stang, ban Bridgestone 3.50-10-2PR menjadi perhiasan baru pada motor berkapasitas 72 CC OHV ini. Tak cuma, penampilan, performa motor setinggi 955mm ini juga kembali ke asal, yaitu bisa menghasilkan  tenaga 5,5 hp dengan trosi 0,51 kg-m.

Terima Kasih telah membaca Honda CT70 1974: Restorasi Sempurna Monkey Klasik di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0