Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Panduan dan Kriteria Google Quality Content (untuk SEO yang Lebih Baik)

Sponsored Link

Mengikuti perubahan Algoritma-nya tahun 2011 ini (lazim disebut Panda Update), Google mengup-date panduannya (20-3-2011) mengenai kriteria quality content Google. Panduan/guideline ini ditujukan untuk merespon kasus-kasus manipulasi SEO yang dipandang merugikan pengunjung dan tidak memiliki kualitas isi/konten yang sesuai dengan hasil pencarian.

Tujuan dari panduan ini juga untuk mendorong para webmaster melakukan cara dan prinsip dasar SEO yang baik dan dapat memberikan user/pengunjung hasil pencarian yang relevan dan konten yang berkualitas. Google menjamin cara-cara SEO yang direstuinya akan mendapatkan ranking yang baik daripada cara-cara yang manipulatif.

Panduan umum dan prinsip-prinsip dasar Quality Content dari Google adalah sebagai berikut:
1. Buatlah halaman-halaman yang disajikan untuk pengguna/pengunjung, bukan untuk search engine. Jangan kelabui pengunjung atau menampilkan konten ke search engine yang isinya berbeda dari yang ditampilkan ke pengunjung, lazimnya disebut sebagai "cloaking". 
2. Hindari trik-trik tertentu yang hanya ditujukan untuk meningkatkan peringkat di search engine. Hal yang seringkali dipertanyakan adalah, apakah anda merasa nyaman dalam menjelaskan apa yang telah anda lakukan dalam mengalahkan blog/website yang menjadi pesaing? Pertanyaan lain yang juga harus dimunculkan adalah, "Apakah cara yang saya lakukan ini akan membantu user/pengunjung? Apakah saya akan melakukan trik ini seandainya tidak ada search engine?
3. Jangan terlibat dalam transaksi/negosiasi "link scheme" yang ditujukan untuk meningkatkan rangking di search engine (SERP) dan Pagerank. Khususnya, hindari mengarahkan link ke web spammer atau "situs tetangga" yang memiliki kredibilitas buruk karena ini dapat menurunkan rangking website anda.
Mengenai "link scheme", Google memberikan kriteria sebagai berikut:
a. Link yang ditujukan untuk memanipulasi PageRank.
b. Link ke web spammers atau link ke "situs tetangga" yang buruk.
c. Reciprocal link yang berlebihan dan pertukaran link yang juga terlalu berlebihan ("kamu nge-link ke aku, aku pasti akan nge-link ke kamu")
d. Jual beli link untuk meningkatkan PageRank.
4. Jangan menggunakan program, software atau tool yang tidak di-autorisasi oleh Google untuk menge-check pagerank, search engine ranking, dan lain-lain.  Program-program semacam ini menggunakan sistem komputer yang melanggar TOS (Ketentuan Layanan) Google. Google tidak merekomendasikan penggunaan produk-produk seperti WebPosition Gold ™ yang mengirim perintah otomatis atau terprogram ke Google.

Panduan khusus Google untuk Quality Content:
1. Hindari penggunaan text dan link tersembunyi (hidden texts and hidden links)
2. Jangan gunakan "cloaking" (penggunaan link terselubung) dan redirecting yang tersembunyi.
3. Jangan kirim query otomatis ke Google.
4. Jangan memuat/menayangkan halaman dengan keyword yang tidak relevan.
5. Jangan membuat halaman, subdomain, atau domain yang secara substansial mengandungduplikasi konten (duplicate content).
6. Jangan membuat halaman yang ditujukan untuk melakukan kejahatan web, sepertiphishing atau memasang virus, trojan, atau badware lain.
7.  Hindari halaman "doorway" yang dibuat hanya sebagai mesin pencari, atau yang menyerupai "cookie cutter" seperti program afiliasi dengan konten yang sedikit atau tidak ada sama sekali.
8. Jika situs Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, pastikan bahwa situs Andamemiliki kualitas dan nilai bagi pengunjung. Sediakan konten unik dan relevan yang dapat memberikan alasan bagi pengguna/pengunjung memutuskan untuk mengunjungi situs anda.

Demikian apa yang telah disampaikan oleh Google mengenai kriteria Quality Content dalam Google search engine. Terlepas dari apa argumentasi, opini, dan penilaian yang nantinya muncul, akan disajikan pada ulasan dan artikel berikutnya. Artikel ini disajikan secara objektif dan "as is" sebagai gambaran serta pertimbangan dalam melakukan optimasi SEO blog/website.

Terima Kasih telah membaca Panduan dan Kriteria Google Quality Content (untuk SEO yang Lebih Baik) di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0