Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Maksimalkan Keyword di URL Posting Blogger/Blogspot

Sponsored Link

Keyword merupakan satu usaha optimasi SEO yg sangat penting karena bagi search engine keyword merupakan aspek yg menunjukkan relevansi content. Tanpa keyword, search engine akan menjadi "buta" karena tidak ada referensi untuk menilai konten blog. Sebenarnya sudah pasti setiap konten blog memiliki keyword, namun apakah search engine dapat melihatnya dengan baik? Apakah keyword tersebut mewakili isi konten? Apakah keyword tersebut sesuai dengan isi konten? Yg tidak dapat dipungkiri adalah keberadaan judul konten karena dia adalah head (tiltle) yg menunjukkan/menggambarkan isi selanjutnya. Selain itu, URL juga memiliki peranan penting sebagai "narasumber" yg menguatkan penggambaran isi oleh judul. Oleh karenanya, memaksimalkan / optimasi keyword pada URL sangat perlu diperhatikan.

Karakteristik URL Pada Platform Blogger

Di posting Ayo Bermain Keywords, secara singkat saya telah menjelaskan bahwa URL blogger memiliki keterbatasan-keterbatasan. Selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. URL dibentuk sesuai dengan judul posting ketika pertama kali ditulis.
2. Kata-kata di dalam URL dibatasi antara 4 hingga 6 atau 7 kata, tergantung panjang masing-masing kata.
3. URL blog pada platform Blogger tidak dapat dikostumisasi/diedit kembali.
Dengan keterbatasan tersebut, sangat besar kemungkinan kata-kata di bagian belakang, sesuai judul post, terputus di tengah-tengah. Mengganti URL sangat tidak mungkin kecuali dengan membuat posting baru lagi.  Berbeda dengan WordPress, URL posting dapat dibuat & diubah ketika melakukan posting serta tidak memiliki batas panjang URL.

Agar lebih jelas yg saya maksudkan, berikut contoh URL yg tidak optimal keywordnya:
Secara visual URL di atas tidak lengkap, karena jika dibaca, dengan mata manusia, judul pada URL di atas tidak deskriptif. Demikian juga dengan search engine, ada keyword yg hilang yg semestinya sangat penting untuk memperkuat keywords & relevansinya dengan konten. Padahal yg diinginkan tentunya URL tersebut memiliki keyword sesuai judul:
"Percepat Loading Blog dengan Optimalisasi/Kompres CSS"
URL terbentuk dengan hasil yg tidak deskriptif karena telah mencapai limit/batas panjang URL.

Sedangkan contoh URL yg sengaja saya optimalkan untuk keyword adalah berikut:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/11/situs-download-gambar-gratis-blogweb.html
Kita lihat url tersebut kaya akan keyword dan poin penting, meskipun jika dibaca ada beberapa kata penghubung yg missed. Namun, bagi mata manusia kata-kata tersebut masih deskriptif, apalagi bagi search engine, URL tersebut kaya akan keywords penting. Judul posting lengkapnya adalah:
"10 Situs Download Gambar Gratis Buat Blog/Web & Desain"
Ada banyak hiasan kata serta kata penghubung yg memiliki perbedaan dengan kata-kata di dalam URL-nya sehingga bagi mata manusia dan search engine kata-kata tambahan di dalam posting kemudian menciptakan kesinambungan deskripsi dan keyword. Dengan demikian, ada dua bagian yg saling mendukung, judul posting dan URL posting.

Cara Memaksimalkan Keywords Pada URL Post

Nah bagaimana cara memaksimalkan keyword pada URL posting blog berplatform Blogger? Caranya sangat sederhana sekali, just follow the steps below:
1. Ketika membuat posting, isi kotak title (judul) di bagian atas post editor dengan kata-kata yg mengandung keyword-keyword penting. Hindari penggunaan kata-kata penghubung yg sekiranya tidak penting. Mengapa? karena dapat memutus URL yg terbentuk jika URL telah mencapai limit. Seperti contoh di atas, saya tidak memakai kata 10, buat, serta desain. Kata penghubung dengan menggunakan simbol seperti "&" atau tanda kalimat seperti "?" akan diabaikan oleh URL generator Blogger dan dianggap tidak ada.
2. Setelah membuat posting dan publish, edit kembali posting tersebut.
3. Ubah judul posting agar menjadi lebih deskriptif dan menarik.
4. Publish/update kembali posting tersebut.

Dengan cara itu, URL blog dapat membantu optimalisasi keyword untuk meraih ranking yg baik, setidaknya di dalam SERP.

Apakah cukup demikian kegunaannya?
Tidak. Saya akan sedikit buka rahasia yg lain, yah berhubung ini buka rahasia blogspot. Haha. Hal yg sepele bukan berarti hanya memiliki manfaat sepele. So, jangan sepelekan platform Blogger, hai pemuja WordPress! (peace!). Dengan cara yg masih sama seperti di atas, kita dapat memaksimalkan dua keyword penting yg berbeda di judul posting serta di URL posting. Posting memiliki kemungkinan lebih kuat dalam meng-cover 2 keyword berbeda saat user melakukan pencarian di search engine. Contoh penggunaan keyword berbeda pada URL & judul posting:
http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-mempercepat-indeks-blog-google.html
Sedangkan judul postingnya adalah:
Cara Membuat Blog Cepat Terindeks Google Search Engine
Tanpa harus menjelaskan lebih rinci, sobat dapat mengetahui perbedaan-perbedaan antara URL & judul posting di atas.

Yang paling penting dalam tips SEO sederhana ini adalah bagaimana meramu &menggunakan keyword penting di dalam URL blog serta kemudian membuat judul posting yg lebih menarik setelah URL posting terbentuk. So, tentu saja usaha ini berkaitan dengan kreativitas sobat dalam "merakit" kata-kata serta membuat tulisan blog. Solusinya? Practice, practice, and practice!!

Terima Kasih telah membaca Maksimalkan Keyword di URL Posting Blogger/Blogspot di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0