Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Museum Wayang Kekayon

Sponsored Link
 Walaupun sekarang sudah tidak lagi mudah menjumpai pertunjukan wayang, kita tetap bisa belajar mengenai kesenian khas Indonesia ini dengan berkunjung di Museum Wayang Kekayon. Sebagamana namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi wayang dan cocok untuk tujuan wisata sejarah di Yogyakarta. Masih ingat kisah tentang perang Baratayudha yang menjadi pertumpahan darah antara Pandawa dan Kurawa? Nah, di sini ada wayang Madya yang berkisah tentang perang hebat tersebut. Adapula wayang suluh yang mengisahkan sejarah perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Ada lagi wayang Klithing yang berkisah tentang Damarwulan dan Minakjinggo. Kemudian Wayang Gedhog yang menceritakan tentang Dewi Candrakirana. Selain itu masih ada wayang-wayang lain yang bisa kita lihat di Museum Wayang Kekayon.

Museum Wayang Kekayon terletak di Jl. Raya Yogya-Wonosari Km. 7. Karena menyimpan koleksi dari abad ke-6 hingga abad ke-20, wayang-wayang di sinipun terdiri dari berbagai jenis bahan, ada yang dari kain, kertas, kayu, dan kulit. Lengkapnya koleksi wayang dari beraba-abad lalu seakan menyuguhkan pada kita lembaran-lembaran sejarah yang terjadi ratusan tahun silam. Kelahiran museum berharga ini berkat seorang dokter spesialis jiwa Soedjono Prawirohadikusumo yang begitu mencintai dan menghargai kesenian. Dirinya menganggap seni sebagai proses mentransformasi informasi dari generasi ke generasi. Alhasil didirikanlah Museum Wayang Kekayon pada 23 Juli 1990, hingga kini Musium Kekayon masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu tempat penting yang menyimpan dokumentasi sejarah Indonesia sekaligus menjadi objek wisata Jogja yang menjadi tujuan para sejawaran dan akademisi.

Terima Kasih telah membaca Museum Wayang Kekayon di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0