Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Cara Mengetahui Indeks Realtime Blog/Website di Google Melalui Search Engine

Sponsored Link
Salah satu cara untuk mengukur seberapa besar optimisasi blog/webstite di dalam search engine (SEO) adalah dengan mengetahui jumlah indeks link halaman/page blog/website. Kita bisa menggunakan jasa banyak situs yang bergerak di bidang SEO untuk mengecek jumlahnya. Namun, seringkali terdapat selisih jumlah yang kadang-kadang signifikan dan akhirnya tidak memberikan kesimpulan yang tepat. Anda dapat pula menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengetahui secara detil link, keyword dan jumlah link/page yang terindeks melalui list laporannya. Namun hal ini juga masih belum begitu memberi gambaran seperti apa sebenarnya blog/website terindeks di dalam halaman Google karena laporan tersebut bersifat intrinsik dimana detil yang diperlihatkan bukanlah apa yang tertera di dalam indeks pencarian yang sesungguhnya.


Lalu bagaimana cara mengetahui seperti apa rincian indeks tersebut?
Sedikit utak-utik keyword search engine ternyata memiliki manfaat yang besar; dan perbedaan kecil  pada keyword yang digunakan ternyata juga memberikan perbedaan yang jauuuh lebih besar.

Berlakulah seperti orang-orang yang sedang mencari kebutuhan informasi melalui search engine. Ya! Gunakan Google search engine untuk mengetahui seperti apa indeks blog/website serta halaman-halamannya. Gunakan keyword tertentu untuk melacaknya (klik gambar untuk melihat contoh dengan jelas):

1. Untuk mengetahui di list dan halaman keberapa artikel/halaman anda di dalam indeks Google dan melihat pesaing-pesaingnya (plus untuk mencari duplikasi konten anda) gunakan keyword dari judul artikel/konten. Misalnya: 9 Fakta Tentang Buah Anggur dan Manfaatnya.

2. Untuk mengetahui indeks blog/website anda, link/backlink blog anda yang termuat di blog/website lain serta seberapa kuat halaman-halaman anda terindeks di halaman utama Google, gunakan url blog/website anda sebagai keyword. Misalnya: http://buka-rahasia.blogspot.com

3. Tambahkan keyword "site:" sebelum url blog/website anda dan tuliskan tanpa spasidiantara keduanya. Cara ini digunakan untuk mengetahui listing dan jumlah index Google terhadap blog/website dan halaman/link lain sesuai dengan urutan indeks link yang berhasil dikumpulkan robot Google. Penulisannya adalah: site:url. Contoh: site:http://buka-rahasia.blogspot.com

4. Gunakan keyword "site:" sebelum url blog/website anda dan pastikan beri spasi diantara keduanya. Cara ini memiliki hasil yang jauh berbeda dengan cara di atas meskipun hanya dibedakan dengan penggunaan spasi pada keyword. Fungsinya adalah untuk mengetahuilink/backlink blog/website di situs lain yang berkualitas. Penulisannya adalah:site:(spasi)url. Contoh: site: http://buka-rahasia.blogspot.com.

5. Gunakan cara (yang saya sebut sebagai) double-url-keywords yaitu menggabungkan dua keyword url di atas untuk mencari url di dalam url yang sama.  Tujuannnya adalah untuk mengetahui urutan popularitas masing-masing link/halaman blog/website dan jumlahnya. Penggabungannya adalah sebagai berikut: blog/website-url(spasi)site:blog/website-url. Contoh: http://buka-rahasia.blogspot.com site:http://buka-rahasia.blogspot.com.


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Anda juga bisa melihat fungsi lain dari Google dengan menggunakan fungsi beberapa keyword disini.
Blog dan posting belum terindeks atau proses indeks-nya lama? Lakukan cara-cara Agar blog cepat diindeks search engine.

Terima Kasih membaca Cara Mengetahui Indeks Realtime Blog/Website di Google Melalui Search Engine di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0
  1. Trimakasih dan salam kenal. share nya sangat membantu bagis saya. ada banyak tutorial yang wajib saya baca satu persatu... saya minta bantuan ke admin mohon di nilai blog saya. infonya lewat coment ditunggu

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum... Wahh infonya bermanfaat sekali soobb... ditunggu follownnya ya...

    http://fariedsulthonal-husna.blogspot.com/

    BalasHapus