Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Adab Bertetangga


Rasulullah bertanya kepada para sahabat, “Tahukah kalian, apa saja yang menjadi hak-hak tetangga itu..?” “Hanya Allah dan Rasulnya yang paling tahu?”, jawab mereka. Rasulullah lalu menjelaskan, “Hak-hak tetangga itu adalah jika ia meminta tolong kepadamu, tolonglah dia. Jika ia meminta pinjaman kepadamu, pinjamilah ia. Jika meminta bantuan kepadamu, bantulah dia. Jika ia sakit, jenguklah ia. Jika ia memperoleh kebaikan, ucapkanlah selamat. Jika ia mengalami musibah, berikanlah tazkiyah(doa dan penghiburan). Jika ia meninggal dunia, antarkanlah jenazahnya.”


“Janganlah engkau meninggikan bangunan rumahmu sehingga menghalangi ventilasi udara tetanggamu tanpa seizinnya. Janganlah pula engkau menyakitinya dengan memasak suatu masakan yang baunya dapat dirasakan oleh tetanggamu tanpa engkau memberi sebagiannya.”

“Jika membeli buah-buahan, berikanlah sebagian untuknya. Jika engkau tidak memberinya, bawalah masuk buah-buahan itu ke dalam rumahmu secara sembunyi-sembunyi. Janganlah anak-anakmu membawa keluar rumah buah-buahan itu sehingga anak-anak tetanggamu menjadi tahu dan memicu kemarahan mereka.” (HR Tabrani)

Sungguh teladan yang luar biasa dari Nabi Muhammad SAW. Tatanan masyarakat yang sehat tanpa kecemburuan social segera terwujud jika kita benar-benar mau meneladani sikap beliau dalam bertetangga. Semoga kita senantiasa dimudahkan dalam meneladani beliau. Aamiin

Silahkan Klik Like dan Bagikan di halamanmu agar kamu dan teman- temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.
Ya ALLAH...
✔ Muliakanlah orang yang membaca tausiah ini
✔ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
✔ Lapangkanlah hatinya
✔ Bahagiakanlah keluarganya
✔ Luaskan dan berkahi rezekinya 
✔ Mudahkan segala urusannya
✔ Kabulkan cita-citanya
✔ Jauhkan dari segala Musibah
✔ Jauhkan dari segala Penyakit,Fitnah ,Prasangka Keji,Berkata Kasar dan Mungkar.
✔ Dan dekatkanlah jodohnya untuk orang yang membaca dan membagikan tausiah ini.

Aamiin ya Rabbal'alamin


Terima Kasih telah membaca Adab Bertetangga di blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 5.0