Berawal dari Kehidupan

Berisi tentang Biografi Tokoh, Motivasi, Pendidikan, Wisata

Sejarah Mitsubishi Galant di Indonesia

Sponsored Link


GALANT adalah salah satu produk dari Mitsubishi Motors. Nama Galant sendiri diambil dari bahasa Perancis yang artinya Sangat Sopan. Di Indonesia, Galant masuk secara resmi lewat PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor pada tahun 1977 sebagai sedan medium, mengincar pangsa pasar executive.
1. Galant Sigma

Galant Sigma diluncurkan pada 1977 dengan 2 model yaitu GL & GLX. Perbedaan kedua model tersebut ada pada mesin (GL 1600cc 4 speed & GLX 2000cc 5 speed), warna interior (GL hitam, GLX 2 tone coklat tua & coklat muda), Pada GLX terdapat Tachometer & Reclining back seat (kursi belakang bisa di atur kemiringannya). Produksinya berakhir pada 1982 
2. Galant Sigma ke 2
 

Model kedua dari Galant Sigma dengan bentuk yang lebih aerodinamis. Dengan masa produksi dari 1982 sampai 1984. Kembali ditawarkan dengan 2 model yaitu GL & GLX. Sama seperti model sebelumnya, perbedaan utama ada pada mesin (GL 1600cc 4 speed & GLX 2000cc 5 speed) & Reclining back seat untuk GLX. 
3. Galant II
Galant II diproduksi mulai tahun 1984. Dengan bentuk yang lebih dinamis, kali ini hanya ditawarkan dalam satu model. Mendapat penghargaan Golden Steering Wheel di Eropa rupanya tidak di ikuti dengan angka penjualan yang bagus di Indonesia. Desain body & mesin 1800cc nya kalah bersaing dengan Honda Accord Executive kala itu.

4.  Eterna


Dengan buruknya angka penjualan, produksi Galant II ternyata tidak dihentikan. Pada 1987, Galant II mengalami Facelift dan berganti nama, menjadi Eterna. Masih menggunakan body Galant II, Eterna hadir dengan sejumlah kelebihan. Antara lain, Mesin 2000cc 5 speed, Power steering, Power window, Central lock, Electric mirror, Reclining back seat. Namun dengan penggantian nama & semua kemewahan tersebut masih tidak bisa menolong angka penjualan yang semakin terperosok. Hanya diproduksi selama satu tahun, pada 1988 akhirnya Eterna Super Exceed stop produksi.

5. Eterna ke 2


Masih menggunakan nama Eterna, pada 1988 Mitsubishi kembali meluncurkan sedan jagoannya. Bermesin 2000cc DOHC 16 valve GTI (tersedia juga versi SOHC), Mitsubishi menggebrak pasaran. Seakan bangkit dari kubur, angka penjualan naik drastis. Eterna sanggup bersaing dengan musuhnya kala itu, Accord & Corona. Dalam masa produksi 5 tahun, Eterna mengalami beberapa kali facelift, termasuk peluncuran versi transmisi otomatis pada 1991 (untuk versi DOHC) sebelum akhirnya stop produksi pada 1993. 

6. Galant VR & V6

Sukses dengan penjualan Eterna, pada 1993 nama besar Galant kembali dihadirkan. Hadir dengan 2 model VR & V6. Perbedaan utama tentu pada mesinnya, V6 dengan mesin V6 & VR dengan Inline 4. pada interior, perbedaan paling kentara ada pada climate control, Digital pada V6 & manual pada VR.

7.New Galant

Pada 1998 diluncurkan New Galant. Kali ini hanya hadir dengan satu pilihan saja, V6 2500cc ECI Multi 24 Valve. Downgrade menjadi SOHC dari sebelumnya DOHC, namun dengan kompensasi volume cylinder yang lebih besar. Kembali, karena kalah bersaing akhirnya pada 2005 Galant stop produksi total. Dan model ini menjadi Galant terakhir yang diproduksi di Indonesia. 

8. Lancer EX

Lancer?? Ya, pada 2008 diluncurkan Lancer EX. Yang hadir dengan hanya satu trim saja, 2.0 GT. Bersenjatakan mesin inline 4 berkode 4B11 berteknologi MIVEC DOHC. Mobil ini bernama asli Galant Fortis, dirancang sebagai penerus generasi Galant dan platform baru bagi Evolution series yang biasanya menggunakan Lancer sebagai basisnya. Entah karena pengaruh nama Galant yang "selalu gagal", atau karena faktor lainnya, KTB memutuskan menjual Galant Fortis di Indonesia dengan nama Lancer. Hal ini pun dilakukan oleh negara lain, sehingga nama Galant Fortis hanya digunakan di Jepang, disemua negara lain yang menjualnya, mobil ini bernama Lancer.



Terima Kasih telah membaca Sejarah Misubishi Galant di indonesiadi blog sederhana dan kesayangan anda semua Berawal Dari Kehidupan Rating 4.0
  1. Wah jadi nambah ilmu nich :23

    BalasHapus
  2. wahaha.. manteb sobb ini toh sejarahnya..
    sampe sekarang jadi lancer evolution.. wahh wuah keren bgt nih mobil..

    thabks sob...

    BalasHapus
  3. Mitsubishi Fuso FJ2523 Diimpor dari India Telah Hadir
    http://bit.ly/1oFxz3j

    BalasHapus
  4. terimakasih informasi nya. saya baru tau klo lancer ex adalah generasi terbaru galant. saya memang mnyangka bahwa lancer ex memang mirip galant. dan lebih pantas untuk generasi galant.

    BalasHapus